Minggu, 06 September 2020

Proses Evakuasi Jenazah Erri Yunanto Dari Kawah Merapi

Papan larangan mendaki ke puncak Merapi di Pasar Bubar (@bpptkg)

Kejadian tergelincirnya Erri Yunanto (mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta) ke kawah Gunung Merapi saat akhir berfoto selfie di Puncak Garuda atau Puncak Tusuk Sate menjadi pelajaran pahit bagi kita semua. Nampaknya, kita semua harus taat aturan, terutama yang menyangkut keselamatan pendakian, utamanya larangan menjangkau kawasan tertentu di gunung api. Tidak terkecuali larangan untuk muncak jika membahayakan. Kejadian jatuhnya pendaki ke kawah Gunung Merapi kali ini adalah kejadian pertama, biar tidak ada lagi peristiwa serupa di kurun mendatang.

Kegiatan berfoto selfie di puncak gunung memang sedang menjadi animo di kelompok muda. Tetapi jangan hingga alasannya adalah ingin menerangkan foto-foto di media sosial atau ditunjukan ke orang-orang lantas harus menantang ancaman. Berfoto cukup di kawasan yang memang kondusif. Perhatikan selalu keamanan. Jangan memaksakan diri untuk meraih lokasi tertentu jika memang belum terlatih dan tanpa ditunjang peralatan yang mencukupi.

Kejadian jatuhnya pendaki ke kawah cukup sekali ini saja. Jangan sampai terulang kembali.

Diperlukan keberanian dan teknik tertentu untuk mengevakuasi korban yang jatuh ke dalam kawah. Foto dokumentasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menerangkan betapa sulitnya mengevakuasi korban.

Berikut ini foto-foto dokumentasi dari twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (@bpptkg)

12.15 Tim penyelamatan korban di kawah melakukan pekerjaan di puncak Merapi
12.29 Tim evakuasi mulai menenteng korban turun dari puncak Merapi
12.35 Korban mulai dibawa turun dari puncak Merapi

12.50 Tim evakuasi dalam proses menurunkan korban di area pasiran

12.55 Proses evakuasi korban saat di Pasar Bubar

13.00 Tim penyelamatan di Pasar Bubar bersiap untuk turun.

Penghargaan yang setinggi-tingginya untuk tim yang sudah berjuang menantang ajal dan membahayakan keamanan diri sendiri demi untuk mengevakuasi korban. Proses penyelamatan ini membutuhkan keberanian dan teknik yang tinggi.

Sumber https://ghost-ships.blogspot.com


EmoticonEmoticon